Rabu, 13 Agustus 2008

Pejuang ES KADO



Pernah denger ES KADO ? Ato malah begitu denger namanya langsung mendadak nostalgia masa lalu? Es kado memang jajanan masa lalu banget. Anyway , kenapa namanya es kado? Simple aja , karena es yang berbentuk persegi panjang dibungkus pake bungkus kado (PS: bungkus kado plastik berwarna mengkilat yang juga retro banget).

Nah , ini sedikit cerita tentang Bapak penjual es kado. Jaman sekarang ini jarang banget bisa nemuin penjual es kado.Waktu jalan-jalan ke Garut beberapa waktu lalu , di seberang jalan ada penjual es kado bersepda lagi mangkal.Jiwa jajan pun nggak bisa ditahan.Kaki langsung refleks menyeberang jalan dengan beberapa uang seribuan dikantong celana.

Bapak penjualnya udah tua.Dengan ramah dia langsung nanya "Bade rasa naon neng?" (Mau rasa apa ,neng?).Sebagai penggemar cokelat , pastinya beli rasa coklat.Penasaran karena dagangannya yang terbilang langka , jadi tertarik buat tanya-tanya.Bapak itu cerita , dia jualan es kado sejak tahun 1959.Bayangin tahun 1959!!!Sambil tertawa lebar si Bapak bercanda " Bapak mah jualan es kado dari bujang sampe cucu-an (punya cucu).Bapak mah udah keliling neng , sampe pernah jualan di Banten". Kalimatnya enteng dan ceria.Tapi buat kita?Hebat banget perjuangan Bapak ini untuk hidup.Berpuluh-puluh tahun mengais rejeki sedikit-demi sedikit berjualan es kado yang sampe sekarang ini masih dia bandrol dengan harga Rp.500,- aja.BRAVO PAK!

"Every human is a hero for their own life...."

95eyes. see all through my eyes.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo di tempatku namanya es potong, ditempat laen lagi, namanya es kotak, kalo yang warnanya putih merah namanya es de, huehehe...
btw, pernah nyobain es goreng????